Pacu Jalur Dimulai, Ribuan Masyarakat dan Wisatawan Hadir di Kuansing
Rabu, 23-08-2023 - 17:00:47 WIB
Pembukaan pacu jalur Kuansing
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Event pacu jalur di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) yang telah menjadi Kharisma Event Nusantara (KEN) dibuka hari ini, Rabu (23/8/2023) secara resmi oleh Gubernur Riau diwakili Sekdaprov Riau, SF Hariyanto

“Pacu jalur ini memiliki fungsi yang edukatif, ideologis, solidaritas sosial dan kekeluargaan. Nilai-nilai inilah yang dijaga dan dibangun secara pokok dengan menanamkan kearifan lokal sejak dini, yang akan diteruskan kepada generasi muda sebagai bagian warisan budaya tak benda asli Indonesia,” kata Sekdaprov.

Menurut Sekdaprov di hadapan ribuan masyarakat Kuansing dan wisatawan yang memadati lapangan Limuno, pacu jalur menjadi daya tarik dan magnet tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupten Kuansing.

"Pacu Jalur tradisional telah turun menurun dilestarikan dan masih akan tetap kita dilestarikan," kata Sekdaprov.

Dengan adanya event Pacu Jalur ini kata SF Hariyanto, menjadi momen yang tepat untuk mengangkat perekonomian masyarakat Kuantan Singingi karena tingkat kunjungan wisatawan di Kuansing semakin meningkat dari tahun ke tahun.

"Itu perlu kita tingkatkan dengan adanya potensi-potensi yang ada di masyarakat, terutama adanya UMKM, dan tempat hunian para wisatawan yang hadir pada iven pacu jalur,” ujar SF Hariyanto.

Pada kesempatan tersebut, Sekdaprov Riau juga menyerahkan bantuan kepada panitia Pacu Jalur, berupa bantaian biaya Pacu Akur sebesar Rp250 Juta. Sekdaprov pun berjanji akan menambah hadiah Pacu Jalur kepada peserta Jalur sebesar Rp1 juta Rupiah.

“Tadi saya dibisikkan oleh Bupati Kuansing untuk menambah hadiah Pacu Jalur, akan kita usahakan menambah bantuan Rp1 juta,” kata Sekdaprov.

Usai acara pembukaan pacu jalur di lapangan Limuno Kuansing, dilanjutkan dengan perlombaan pacu jalur yang dilaksanakan di Sungai Kuantan, di Tepian Narosa Kuansing.

Sebanyak 194 jalur dari dua Kabupaten Kuansing dan Kabupaten Indragiri Hulu, 23 Agustus hingga 27 Agustus. Ribuan masyarakat sudah menunggu di sepanjang sungai tepian Narosa, dimana panitia telah menyiapkan tenda dan tribun penonton yang berada di sepanjang jalur Pacu Jalur.**/ald




 
Berita Lainnya :
  • Pacu Jalur Dimulai, Ribuan Masyarakat dan Wisatawan Hadir di Kuansing
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #3 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved