Pemrov Riau akan Bangun Jembatan Baru Pengganti Jembatan Panglima Sampul yang Roboh
Sabtu, 25-05-2024 - 14:43:12 WIB
Jembatan Panglima Sampul
TERKAIT:
   
 

BNEWS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melihat langsung kondisi Jembatan Panglima Sampul, kabupaten Kepulauan Meranti yang ambruk pada Rabu (22/5/2024) lalu. Dari hasil peninjauan jembatan tersebut, Pemprov Riau memutuskan untuk membongkar habis jembatan tersebut dan membangun jembatan baru pada tahun 2025.

Menurut Kepala Dinas  Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, M Arief Setiawan, kondisi jembatan Panglima Sampul saat ini tidak memungkinkan untuk diperbaiki.

M Arief juga menjelaskan, rangka jembatan Panglima Sampul tersebut sudah rapuh dan goyang. Apalagi jembatan terebut patah di tengah dan rangka besinya pun tidak bisa digunakan lagi.

"Kita sudah melihat langsung kondisi jembatan, jembatan itu tidak mungkin diperbaiki, jadinya memang harus dibongkar. Tahun ini kita laksanakan DED-nya dan tahun 2025 pembangunannya,” ujar M Arief Setiawan, Sabtu (25/5).

Menurutnya, jembatan dengan panjang 180 meter tersebut akan dikerjakan secara menyeluruh oleh Pemprov Riau, mengingat letaknya yang berada pada ruas jalan Provinsi. Sebelumnya jembatan tersebut merupakan ruas jalan kabupaten yang berada di Kecamatan. Sehingga pihaknya tidak mengetahui awal pembangunan jembatan tersebut.

Sementara itu, untuk memberikan akses jalan bagi masyarakat, PUPR provinsi Riau bersama Pemkab Meranti telah mencarikan solusi, dimana mobilitas masyarakat sekitar untuk menyeberang menggunakan pompong. Pembangunan dermaga akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kawan-kawan di kabupaten yang akan membuat dermaga. Namun, ada jalan alternatif di jalan Elak sepanjang 16 kilometer, dan dari hasil rapat terakhir akan dikerjakan Pemkab meranti," jelasnya.

Jembatan Panglima Sampul yang terletak di Sungai Perumbi Kecamatan Tebingtinggi Barat itu, merupakan akses terdekat menuju kota ataupun sebaliknya. Jembatan Panglima Sampul dibangun sekitar tahun 2002 saat Kepulauan Meranti masih jadi Bagian dari Kabupaten Bengkalis.

"Dulu kan ini masih kecamatan, tak terpikir juga akan menjadi jalan lintas yang dilalui truk-truk besar yang masuk ke Ibukota Meranti. Kita belum liat DED-nya, jadi kurang tahu juga bagaimana bisa roboh padahal waktunya masih sekitar 20 tahunan. Inikan dulu jembatannya berada di Kecamatan,” kata Arief.**/ian




 
Berita Lainnya :
  • Pemrov Riau akan Bangun Jembatan Baru Pengganti Jembatan Panglima Sampul yang Roboh
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    #1 BNPT: Mengubah Pancasila Berarti Membubarkan Bangsa Indonesia
    #2 JualBuy.com, Startup Asli Anak Riau Resmi Diluncurkan
    #3 Let's Graze with Cows at Padang Mangateh
    #4 Airlangga Hartanto Serahkan SK Pada Adi Sukemi untuk Maju di Pilkada Pelalawan
    #5 Polda Riau Selidiki Uang BLT Covid-19 yang Diselewengkan
     

     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Nasional
    + Politik
    + Ekonomi
    + Daerah
    + Hukrim
     
     

     

     
    + Internasional
    + Lifestyle
    + Indeks Berita
     
     
    © 2020 berkabarnews.com, all rights reserved